Bersiap Verifikasi Kabupaten Sehat, FKS Kabupaten Luwu Gelar Pembinaan dan Monev Tiap Kecamatan

Bersiap Verifikasi Kabupaten Sehat, FKS Kabupaten Luwu Gelar Pembinaan dan Monev Tiap Kecamatan

LUWU- Guna mempersiapkan verifikasi tingkat Provinsi dan Nasional penilaian Kabupaten/Kota Sehat (KKS), Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Luwu menggelar pembinaan, monitoring, dan evaluasi kegiatan serta verifikasi dokumen kelembagaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Pokja Desa Sehat.

Pada hari pertama kegiatan ini menghadirkan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Pokja Desa Sehat lingkup Kecamatan Basse Sangtempe dan Basse Sangtempe Utara di Kantor Desa Bunglo, Selasa (27/09/2022).

Ketua FKS Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Hakim, M.Si dalam arahannya mengharapkan kontribusi penuh setiap desa dan kecamatan guna mempertahankan dan meraih kembali Penghargaan Swasta Saba Wistara yang telah diraih pada tahun 2021.

"Dari sembilan tatanan, mana yang menurut kita yang menonjol itu yang kita maksimalkan untuk menjadi ikon desa agar bisa menjadi Lokus. Tapi tidak menutup juga untuk memperbaiki dari segi tatanan yang lain," terang Hayarna.

Ia pun memberikan contoh, bahwa disepanjang jalan menuju desa tersebut masih banyak lahan tidur yang belum dikelola dengan maksimal. Menurutnya, jika dikelola dengan baik maka dapat memenuhi kebutuhan dapur rumah tangga hingga bernilai ekonomis bagi keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dr. Rosnawary yang turut hadir dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari terselenggaranya kegiatan tersebut bukan semata untuk penilaian, namun terlebih untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati, dan salah satu upaya kita mencegah dan terhindar dari penyakit adalah melalui penyelenggaraan Kabupaten Sehat," jelas Rosnawary.

Untuk diketahui, kegiatan serupa rencananya akan dilaksanakan selama 11 hari dengan menghadirkan dua kecamatan pada satu titik setiap harinya.

Previous Post Next Post