124 Jemaah Haji Asal Luwu Tiba di Kampung Halaman, Nuansa Timur Tengah dan Bugis Makassar Mewarnai
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Sebanyak 124 jemaah haji asal Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan  yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah , Arab Saudi, kembali ke tanah air  dan tiba dengan selamat, Selasa (02/8/2022) petang.

Para jemaah haji ini disambut keluarga dan sahabat di rumah jabatan (Rujab) Bupati Luwu.

Pantauan di lokasi  warga menanti sejak pukul 11.00 Wita siang hari, mereka  tak sabar untuk bertemu dengan keluarga jemaah haji  hingga harus berdesak-desakan dan sempat saling dorong dengan petugas, bahkan ada yang memaksa untuk naik ke bus untuk menyalami keluarganya.

Para jemaah nampak antusias bertemu keluarga karena bisa pulang dengan kondisi sehat,  begitupun keluarga mereka yang rela menunggu lama di halaman Rujab Bupati Luwu.

Salah seorang jemaah haji Andi Muhammad Ahkam yang juga kepala badan kepegawaian dan pengembangan sumberdaya manusia (BKPSDM) mengatakan mereka satu rombongan dari Luwu selama melaksanakan ibadah di Arab Saudi hingga kembali ke daerah dalam kondisi sehat.

“Kami semua kembali dalam kondisi sehat, taat mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” kata Ahkam saat dikonfirmasi di Rujab, Selasa (02/8/2022) petang.

Menurut Ahkam, mereka bersyukur bisa melaksanakan haji tahun ini selain karena ada haji akbar, tahun ini berjalan normal dengan minimnya jemaah haji yang membuat suasana agak sepi dibanding sebelum-sebelumnya juga pelayanan yang maksimal.

“Pelayanan dari pemerintah sangat luar biasa maksimal, semua fasilitas plus,” ucap Ahkam.

Kedatangan jemaah haji ini nampak meriah dengan mengenakan pakaian khas  seperti di Mekkah  atau timur tengah bagi jemaah haji laki-laki.

“Memang para rombongan jemaah haji antusias untuk bertemu keluarga, dan mereka  juga masih rindu dengan suasana timur tengah jadi di kampung ini mereka membawa suasana timur tengah di tengah keluarga,” ujar Ahkam.

Begitupun dengan jemaah haji perempuan, mereka mengenakan pakaian Baju Sari  yang nampak meriah dengan sedikit mencolok disertai perhiasan  bernuansa Bugis Makassar.

Bupati Luwu  Basmin Mattayang  menerima para jemaah haji dengan penuh rasa haru dan syukur karena para jemaah haji semuanya pulang dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kita bersyukur jemaah haji kita pulang sesuai dengan doa kita waktu dilepaskan mudah-mudahan berjalan, tiba di Mekkah dengan selamat, melaksanakan ibadah haji dengan baik, lalu pulang ke tanah air Indonesia khususnya di Luwu dengan selamat tanpa kurang apapun, semua pada sehat, saya tanya ada yang sakit mereka bilang tidak ada,” tutur Basmin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu, Nurul Haq, dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tanggal 19 Juni 2022 lalu, jumlah Calon Jemaah Haji yang diberangkatkan sebanyak 124 orang

"Alhamdulillah, jumlah yang kita berangkatkan sebanyak 124 orang, sama jumlahnya dengan yang kita sambut hari ini," beber Nurul Haq

Nurul Haq mengungkapkan bahwa daftar tunggu jemaah haji hingga tahun ini mencapai 5.721 orang.

“Jika dibandingkan dengan kuota normal yang didapatkan Kabupaten Luwu sebanyak 250 orang maka waktu daftar tunggu bisa selama 22 tahun,” jelas Nurul Haq.

Previous Post Next Post