Beredar Video Oknum Satlantas Polres Palopo Diduga Lakukan Pungli kepada Sopir Truk

Beredar Video Oknum Satlantas Polres Palopo Diduga Lakukan Pungli kepada Sopir Truk

 

PALOPO -  Beredar sebuah video dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum anggota Satlantas Polres Palopo di Jalan Poros Palopo-Masamba tepatnya di depan SPBU Rampoang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6/2022) lalu.

Dalam video tersebut polisi ini mengenderai mobil dinas Satlantas Polres Palopo dan salah seorang seorang netizen langsung mengampiri sopir truk dan menanyakan perihal dugaan pungli terhadap salah seorang sopir truk. 

"Saya dimintai Rp 500 ribu untuk 4 mobil, tapi saya hanya mampu bayar Rp 100 ribu. Itupun hanya untuk beli rokok. Ongkos jalan sudah habis," kata sopir yang ada dalam video berdurasi 2:16 menit.

Menanggapi hal itu, Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman akan menindak anggotanya jika peristiwa pemerasan itu benar terjadi. 

"Jika ada oknum yang melakukan hal demikian Pasti kami tindak tegas," kata Yusuf saat dikonfirmasi, Jumat (08/7/2022).

Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Suriyanto mengatakan saat mendengar ada informasi terkait adanya oknum anggota Satlantas Polres Palopo yang melakukan hal tersebut dirinya langsung mengumpulkan seluruh personel Satlantas, khususnya yang terekam video saat pengaturan. 

“Saya meminta kepada seluruh personel supaya jujur ketika ditanya, namun, tidak seperti yang diharapkan, baik yang bukan pengaturan saat itu maupun staf yang ada di kantor, tidak ada satupun yang membernarkan video yang beredar,” ucap Suriyanto.

Lanjut Suriyanto, saat itu anggota sedang melakukan pengaturan lalulintas, namun tudingan tentang pungutan liar atau Pungli itu tidak benar. 

“Kalau dikatakan Pungli saya kira tidak ada karena saya sudah kroscek anggota yang ada di TKP saat itu, mereka bahkan bersumpah tidak meminta kepada para sopir, jadi saya minta supaya diluruskan dan kalau ada sopir yang mengaku dimintai uang, tolong siapa namanya bisa dipertemukan kepada kami,"  ujar Suriyanto.

Previous Post Next Post