Cerita Bripka Okto Abriadi, Cegat Perempuan Lalu Amankan di Ruang Adzan saat Hendak Ganggu Imam Salat
INSPIRASI TIMUR INDONESIA
PALOPO  - Seorang perempuan berlari masuk ke dalam masjid dan hendak mengganggu imam saat shalat Jumat berlangsung di Masjid Al-Mubarokah, Kompleks Terminal Dangerakko, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, pada Jumat (17/6/2022) siang membuat heboh warga.

Beruntung dalam kejadian yang terekam kamera pemantau (CCTV) miik masjid nampak salah seorang jemaah dengan spontanitas langsung mencegat dan menarik perempuan tersebut ke sebuah ruangan agar pelaksanaan shalat Jumat tetap berlangsung dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Bripka Okto Abriadi, salah seorang jemaah bagian keamanan di masjid tersebut yang juga adalah anggota Polisi Santri Polres Palopo dengan sigap mengamankan aksi pelaku.

“Pada saat kejadian memang sementara Shalat Jumat berlangsung pada rakaat kedua, pada saat perempuan ini melintas, kebetulan saya lihat maka insting dan spontanitas saya langsung menarik tangan si perempuan sebelum mengganggu imam,” kata Okto saat dikonfirmasi di Masjid Al-Mubarokah, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Okto, perempuan itu diamankan di ruang adzan, setelah diamankan dilakukan interogasi untuk memperjelas motif pelaku.

“Kemudain setelah diamankan maka kami ambil inisiatif untuk interogasi karena sering kita lihat di media televisi kejadian kejadian seperti ini, kemudian setelah diinterogasi di ruangan adzan, maka ada salah satu pengurus Masjid Al-Barokah yakni petugas kebersihan yang kenal sama perempuan ini, katanya memang orang yang mengalami gangguan jiwa,” ucap Okto.

Para jemaah usai Shalat Jumat menunggu hasil interogasi pihak keamanan masjid untuk mengetahui hal ihwal dari perempuan tersebut.

“Setelah diamankan kami sampaikan ke jemaah  masjid bahwa perempuan ini mengalami  gangguan jiwa karena jangan sampai kami tidak sampaikan nanti ada peristiwa yang tidak diinginkan,dan setelah kami sampaikan masyarakaat atau jemaah masjid menerima maka kami menghubungi suami untuk mengambil istrinya,” ujar Okto.

Okto mengimbau kepada masyarakat khusunya warga Kota Palopo agar jangan mudah terpancing di media sosial terkait video tersebut karena khusus kejadian di Masjid Al-Barokah adalah murni perempuan dengan gangguan jiwa.

“Adapun motifnya sampai sekarang kami masih yakini bahwa memang spontanitas dari orang tersebut, karena memang mengalami gangguan jiwa,” tutur Okto.

Sebelumnya diberitakan Seorang perempuan berlari masuk ke masjid dan hendak mengganggu imam saat shalat Jumat berlangsung. Kejadian ini terjadi di Masjid Al-Mubarokah, Kompleks Terminal Dangerakko, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Jumat (17/6/2022) siang.

Aksi perempuan itu terekam kamera pemantau di masjid dan video tersebut kini beredar luas di media sosial. Pengurus Masjid Al-Mubarokah, Aiptu Ruslan yang juga anggota Polres Palopo mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada saat memasuki rakaat kedua shalat Jumat.

“Tiba-tiba masuk perempuan yang  hendak mengganggu imam masjid beruntung saat hendak mengganggu salah seorang jamaah bagian keamanan masjid yang juga adalah anggota Polisi Polres Palopo langsung mengamankan,” kata Ruslan, saat dikonfirmasi di Masjid Al-Mubarokah, Jumat sore.   

Ruslan menuturkan, perempuan yang masuk itu melalui pintu alternatif atau pintu penyambung shaf jemaah lalu maju ke depan dan ingin menyentuh imam masjid.

“Di saat ingin menyentuh tangan imam masjid, seketika itu rekan kami jemaah bagian keamanan membawa langsung menarik tangannya dan membawa masuk ke ruang azan untuk diamankan,” ucap Ruslan.

Ruslan menuturkan, pelaku adalah warga asal Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, yang memiliki kelainan jiwa.

“Kebetulan yang bersangkutan ada laki-laki yang dia ikuti, menurut informasi yang saya dengar bahwa itu adalah suaminya. Memang si perempuan ini ada kelainan, sudah beberapa kali orangtuanya datang, bahkan pernah saya serahkan ke orangtuanya waktu melapor di sini. Cuma itu dia ada kelainan yaitu suka mengganggu pria yang suaranya bagus dan tampan,” ujar Ruslan.

Previous Post Next Post