TP PKK Luwu Gelar Sosialisasi Program dan Satukan Persepsi Terkait 10 Program Pokok PKK
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Luwu menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bappelitbangda, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Selasa (17/5/2022) Dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, H Bustan dan Kepala Dinas Kesehatan, dr Rosnawary Basir dan TP PKK Kecamatan dan Desa.

Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan motivasi, wawasan dan keterampilan Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa dalam membina masyarakatnya melalui kelompok dasa wisma desa dalam memanfaatkan pekarangan guna memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga

“Pemanfaatan pekarangan ini bukan saja untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga tetapi akan membantu masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan jika tanaman-tanaman tersebut dikelola secara baik,” lanjutnya

Selain membahas program, Ketua TP PKK Dr. Hj. Hayarna Hakim juga menyampaikan bahwa pertemuan tersebut untuk menyatukan presepsi dan pemahaman kepada seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Luwu hingga ke tingkat desa terkait 10 program pokok PKK

“Perlu adanya penyamaan presepsi dan pemahaman terhadap program kerja TP PKK, apalagi bulan maret lalu telah dilantik Ketua TP PKK Kecamatan dan bulan Mei ini sekitar 90 orang Ketua TP PKK Desa baru saja dilantik sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan pembekalan program-program kerja terhadap pengurus yang baru,” kata Hj Hayarna Hakim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H. Bustan yang mewakili Bupati Luwu membuka secara resmi kegiatan tersebut dan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Luwu atas kinerjanya dari berbagai pihak yang turut berpartisipasi membantu pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Atas nama pemerintah kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Luwu dalam menjalin sinergitas membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Program pemanfaatan pekarangan ini salah satu upaya membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Luwu sehingga kita akan memfasilitasi, berkoordinasi dengan pemerintah desa dalam penyediaan bibit bagi ibu-ibu kelompok dasa wisma,” kata H. Bustan.

Selain Pemanfaatan Pekarangan, materi lain dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah pemahaman terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dibawakan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr Rosnawary Basir

“Materi Pemanfaatan Pekarangan, PHBS dan STBM saling berkaitan erat yang menjadi Langkah-langkah untuk meningkatkan Kesehatan keluarga, pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi yang bertujuan untuk memberantas stunting di Kabupaten Luwu,” jelas dr. Rosnawary.

Previous Post Next Post