INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 LUWU - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Jumat (22/4/2022) malam tadi membuat Sungai Bua di Dusun Malutu, Desa Posi, Kecamatan Bua, meluap dan merendam permukiman warga.

Koordinator FK Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Luwu, Patahuddin Djamal menyebutkan bahwa kejadian banjir di Desa Posi, Dusun Malutu menyebabkan rumah penduduk terendam, jembatan dan talud mengalami kerusakan.

“Banjir menyebabkan permukiman warga di satu dusun terendam akibat banjir, dan menyebabkan kerusakan infrastruktur yaitu 1 unit jembatan beton yang menghubungkan antar dusun ambruk atau rusak berat, kemudian 150 meter Talud jalan ikut rusak,” kata Patahuddin, dalam rilisnya, Sabtu (23/4/2022).

Selain jembatan dan Talud, kerusak lainnya yaitu lahan persawahan dan barang milik warga rusak, yang digolongkan ke dalam rusak ringan.

“Kurang lebih 5 Hektar padi sawa yang sudah ditanam tersapu banjir kemudian barang warga berupa barang elektronik serta satu karung beras milik warga terendam banjir, terdapat 6 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak,” ucap Patahuddin.

Warga setempat, Syamsul mengatakan jembatan yang rusak tersebut adalah satu-satunya jalan yang menghubungkan akses warga antar dusun.

“Ada jalan lain tapi harus memutar jauh, nah jembatan ini sejak tahun lalu sudah sempat dihantam banjir dan mengalami kerusakan ringan dan masih bisa dilalui, kalau sekarang setelah dihantam banjir malam tadi sudah sama sekali tidak bisa dilalui,” ujar Syamsul.

Warga berharap pemerintah Kabupaten Luwu segera memperbaiki jembatan tersebut agar akses warga kembali lancar.

“Semoga cepat dibenahi sama pemerintah karena akses ini satu-satunya yang kami lalui untuk mengangkut hasil panen kami seperti padi dan hasil pertanian lainnya,” tutur Syamsul

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Previous Post Next Post