Vaksinasi Merdeka Belajar Usia 6-11 Tahun Mulai Diluncurkan di Luwu, Kadisdik; Kami Sosialisasikan Kepada Para Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua Siswa
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU – Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, hari ini Rabu (12/01/2022) mulai diluncurkan.

Peluncuran Vaksinasi Merdeka Belajar ini dimulai di SDN 25 Radda, Kelurahan Tampumia Radda Kecamatan Belopa.

Sebagai langkah sosialisasi awal peluncuran Vaksinasi Merdeka dilakukan dengan menggunakan metode tatap muka langsung dan via Zoom Meeting yang diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SD/MI se Kabupaten Luwu.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Rosnawary Basir mengungkapkan bahwa pelaksanaan Vaksinasi bagi tingkatan SD usia 6-11 tahun dilakukan berdasarkan surat edaran Bupati Luwu Nomor 001/Satgas-C19/I/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun

“Surat Edaran Bupati Luwu ini menindak lanjuti Surat Dirjen Kementerian Kesehatan RI Nomor SR.02.06/11/165/2022, oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Luwu sebagai salah satu dari 6 (Kabupate/Kota di Wilayah Sulawesi Selatan yang dipercaya untuk melaksanakan Vaksin anak usia 6-11 tahun untuk melakukan Langkah-langkah menyiapkan peserta didik usia 6-11 tahun untuk siap divaksin,” kata Rosnawary.

Menurut Rosnawary, langkah lainnya adalah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada orang tua siswa tentang pentingnya vaksinasi bagi anak-anak.

“Selanjutnya kami bersama Dinas Pendidikan melakukan langkah efektif guna mencegah anak-anak terinfeksi Covid-19 dan sebagai persyaratan untuk kegiatan Pembelajaran Tatap Muka dengan aman dan nyaman,” ucap rosnawary.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, Hasbullah mengatakan acara peluncuran Merdeka Belajar, menyasar 150 siswa SDN 25 Radda menerima suntikan vaksin tahap pertama jenis Sinovac.

“Direncanakan menyusul sebanyak 350 siswa esok harinya, berdasarkan agenda Tim Satgas, Vaksinasi tingkat SD akan dilaksanakan pada hari Kamis (13/1/2021) untuk semua SD yang berada di Kecamatan Belopa, Hari Jumat untuk wilayah Kecamatan Belopa Utara dan Hari Sabtu untuk wilayah Kamanre,” ujar Hasbullah.

Lanjut Hasbullah, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun terlebih dahulu kami sosialisasikan kepada para Kepala Sekolah, guru dan orang tua siswa.

“Dinkes atau Satgas Covid-19 menjalankan program penyuntikan vaksinasi ke anak sekolah, kami di Dinas Pendidikan juga sambil jalan melakukan sosialisasi di tingkat Kepala sekolah, guru dan orang tua siswa,” tutur Hasbullah.

Hasbullah menambahkan mengingat banyaknya siswa Sekolah Dasar yang harus divaksin dan menyasar siswa di pelosok maka sosialisasi ini kami lakukan.

“Ada 29 ribu lebih siswa sekolah dasar yang akan divaksin di Luwu, sebagian berada di pelosok yang  harus ditempuh dengan medan berat,” tambah Hasbullah.

Previous Post Next Post