Pemda Luwu Utara Kembali Gelar Upacara Bendera Setelah Dua Tahun Vakum Akibat Pandemi
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara kembali menggelar upacara bendera di lapangan upacara Kantor Bupati, Senin (10/1/2022). Upacara kali ini adalah yang pertama dilakukan sejak pandemi COVID-19 melanda Luwu Utara pada awal Maret 2020.

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, memimpin upacara bendera perdana ini. Upacara dihadiri seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya. Terlihat para ASN begitu merindukan suasana upacara yang sempat hilang dalam dua tahun terakhir.

Wakil Bupati Suaib Mansur mengaku bersyukur dengan dilaksanakannya upacara kali ini. Dia berharap, upacara setiap hari Senin tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

“Bersyukur kita hari ini telah melaksanakan upacara pertama kali di tahun 2022,” kata Suaib.

Kata Suaib, pelaksanaan upacara bendera kali ini adalah serba pertama buat dirinya dan Pemda.

“Ini adalah upacara pertama di tahun 2022, juga yang pertama setelah pandemi ditetapkan, dan pertama kali setelah kami dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati,” jelas dia.

Suaib berharap momentum upacara perdana tahun ini bisa menjadi momentum terbaik untuk mempersiapkan diri bekerja lebih baik dari tahun-tahun kemarin.

“Hari-hari ke depan harus menjadi lebih baik dari hari-hari kemarin. Untuk itu, persiapkan diri kita,” imbuhnya.

Dikatakan Suaib, tahun baru adalah momentum untuk segera mengambil langkah-langkah percepatan, seperti penetapan pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen, dan paket-paket kegiatan, agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar, serta tepat waktu. 

“Upaya percepatan harus diawali dengan proses bisnis, yang kuncinya ada di pengguna anggaran. Jadi, mulai dari penetapan pengguna anggaran sudah harus ditetapkan, setelah itu paket-paket kegiatan dan segera menunjuk siapa pejabat pembuat komitmen,” tandasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara ini dilakukan dengan menindaklanjuti Imbauan Menteri PANRB tentang Apel Pagi di Lingkungan Instansi Pemerintah Nomor B/392//M/KT.02/2021.

“Ini adalah bagian penguatan disiplin ASN,” kata Kepala BKPSDM, Nursalim Ramli, usai upacara.

Pelaksana upacara perdana kali ini adalah BKPSDM. Tak hanya upacara bendera, apel pagi juga rutin dilaksanakan setiap hari. Upacara dan apel pagi dilakukan dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air, pengabdian terhadap negara dan menumbuhkan kedisiplinan ASN. (LH)

Previous Post Next Post