Terpilih Konten Terbaik se-Indonesia, Bupati Tator Bangga Tari Pa'gellu' Tua Tampil di Event PKN 2021
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TANA TORAJA
– Tari Pa’gellu’ Tua terpilih sebagai konten dalam Program Utama event Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021. Tarian ini merupakan persembahan Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja. Program tersebut rencananya bakal dirilis pada Kamis (25/11/2021).

Diketahui, Tari Pa’gellu’ Tua yang sudah jarang diangkat ke permukaan ini disutradarai oleh Krisnawati P. Ranteallo, dan mengangkat tema “Gemulai Senja Pa’gellu'”. Menceritakan arti tarian dengan kemasan suasana Toraja pada zaman dahulu ke zaman modern ini.

Pada konten yang disuguhkan ini menggambarkan keseharian warga Toraja diiringi musik tradisional Pelle’, Geso’-geso’ dan Suling Te’dek/Todolo.

Proses pengambilan gambar (produksi) dilakukan dibeberapa lokasi icon Kabupaten Tana Toraja, seperti Tongkonan Papabatu Tumakke, Rembon, Agrowisata Pango-pango, Wisata Religi Buntu Burake, Kompleks Tongkonan Tumbang Datu, Sangalla Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan Tana Toraja, Ir. Bonifacius Paundanan mengaku bangga atas capaian ini. Apalagi pertama kalinya diikuti oleh Dinas Kebudayaan Tana Toraja.

“Berkat kerjasama tim, event tahunan yang pertama kalinya kita ikuti dan langsung lolos masuk program utama. Saya sangat bangga dan berharap ini menjadi batu loncatan untuk terus memperkenalkan budaya Toraja lewat konten-konten menarik dan mudah dipahami oleh semua kalangan,” ucapnya.

Pekan Kebudayaan Nasional merupakan event tahunan Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Bertujuan memperkenalkan adat dan budaya dari seluruh penjuru nusantara.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menyambut antusias event ini, apalagi Tana Toraja masuk program unggulan.

“Kita bangga bisa tampil dalam event nasional. Budaya Toraja ini sarat akan nilai dan menjadi sumber pembelajaran, menumbuhkan inspirasi – inspirasi baru. Kalau menginginkan masa depan, jangan tinggalkan masa lalu. Apapun perubahan yang kita kembangkan di Toraja, tidak melupakan budaya asli Toraja,” jelas Theofilus, Rabu (24/11/2021).

Bupati Theofilus juga memberi apresiasi kepada sutradara konten Krisnawati P. Ranteallo, yang notabene merupakan asli Toraja yang menyajikan konten-konten budaya asli Toraja.

“Karena ini dari segi Rambu Tuka’, jadi target kita tahun depan perkenalkan budaya dari segi Rambu Solo’ dan memperkenalkan pemukiman warga sebagai homestay,” kata mantan Kepala Inspektorat Sulsel ini.

Pada event Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2021 tersebut bakal melibatkan seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, untuk menampilkan konten terkait kekayaan alam dan budaya dari sektor pangan, papan dan sandang.

Diketahui, sebanyak 53 konten terkumpul yang kemudian melalui proses kurasi oleh Direktur Eksekutif PKN (Agus Noor dkk) termasuk konten dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja.

Hasil kurasi konten PKD untuk PKN akan diumumkan pada tanggal 25 November 2021. Ada 4 konten terpilih, yakni Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Riak Kapuas Nafas Khatulistiwa), Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Gemulai Senja Pa’gellu’), Kota PangkalPinang, Kep. Bangka Belitung (Dembus Si Kepala Rusa) dan Provinsi Bali (Pupasragam Seni Bali). (*)


Judul konten : Gemulai Senja Pa’gellu’

Penanggung jawab : Dinas Kebudayaan Tana Toraja

Sutradara : Krisnawati P.Ranteallo



Previous Post Next Post