Temui Korban Longsor Walmas, Mensos Risma Tak Kuasa Tahan Kesedihan Kades Ilan Batu Kehilangan Empat Anak
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU
- Dalam kunjungan kerja Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini ke wilayah Walenrang dan Lamasi (Walmas), Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, ia menyempatkan waktunya ke Dusun Bolong, Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Rabu (6/10/2021).

Risma mendatangi lokasi bencana longsor dan menemui Kades Ilan Batu, Abdul Salam, dan istrinya, yang kehilangan empat orang anaknya akibat tertimbun longsor, pada Minggu (3/10/2021) lalu.

Saat Mensos tiba di rumah tempat keluarganya mengungsi di Desa Bolong, istri Kepala Desa (Kades) Ilan Batu, Mardiana tak kuasa menahan tangisnya. Didampingi suaminya, dia langsung memeluk Risma dengan terisak.

Risma menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Kades Ilan Batu dan istrinya, atas musibah longsor tersebut, sehingga empat anak mereka meninggal dunia.

Risma juga tak kuasa menahan kesedihannya saat bertemu dengan Kades Ilan Batu dan istrinya. Risma merasakan duka cita mendalam yang dialami suami istri itu. Kehilangan empat anak dalam waktu bersamaan sangatlah berat.


Dengan mata berkaca-kaca, Risma mencoba menenangkan istri Kades Ilan Batu. Risma juga memberikan sejumlah bantuan, termasuk mobil-mobilan untuk anak bungsu Kades Ilan Batu yang selamat dari peristiwa mengenaskan itu.

Selain menemui Kades Ilan Batu yang tengah mengungsi di rumah keluarganya, Risma juga meninjau posko pengungsian. Mantan Walikota Surabaya itu mengunjungi Walmas untuk memastikan upaya evakuasi korban dan bantuan bagi warga korban banjir dan longsor di Walmas, yang saat ini berada di beberapa titik pengungsian.

Dalam kunjungan itu, Mensos Risma menyalurkan bantuan senilai Rp.444.535.423. Bantuan yang diberikan tersebut, diantaranya, berupa 700 paket makanan anak, 481 paket makanan siap saji, 250 paket matras, 270 lembar tenda gulung merah, 215 lembar selimut, 30 unit kasur, 15 paket peralatan dapur keluarga, 25 paket food ware, 300 Paket family kit, 50 Paket kidsware, 1 unit perahu karet.

Diketahui, bencana alam yang melanda wilayah Walmas, yakni longsor dan banjir tidak hanya merusak puluhan rumah warga, ribuan areal pertanian, termasuk menyebabkan ribuan warga mengungsi, juga menyebabkan empat orang warga meninggal dunia, keempatnya anak kades Ilan Bantu, Abd Salam.

Sebanyak 127 jiwa harus mengungsi setelah terdampak banjir bandang dan tanah longsor. Selain itu, 12.000 jiwa terisolir di Kecamatan Walenrang Barat. (*)

Previous Post Next Post