Menhan Kunker ke Toraja, Prabowo: Putra Putri Toraja Cerdas dan Pemberani
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TANA TORAJA
— Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto, hari ini melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, pada Senin (18/10/2021).

Menhan bersama rombongan mendarat di Bandara Buntu Kunik Mengkendek Tana Toraja, menggunakan Pesawat Fokker 100 pada pukul 09.11 WITA,

Di bandara Prabowo Subianto disambut Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung bersama sejumlah pejabat Pemkab Tana Toraja dan Toraja Utara. Juga turut menyambut Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama anggota DPR RI La Tinro La Tunrung dan Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel sekaligus anggota DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras.

Dalam kunjungannya, Prabowo bersama rombongan langsung menuju ke Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja membawakan kuliah umum kepada mahasiswa dan sivitas akademika. 

Di UKI Toraja, Prabowo saat membawakan kuliah umum menerangkan, Indonesia harus memiliki pertahanan yang kuat. Sebab, hal itu berkaitan dengan kemajuan bangsa.


"Kalau kita kuat akan terjadi perdamaian, dan Indonesia akan menjadi negara yang makmur,"  ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

Lebih jauh Menhan menegaskan, kekuatan sebuah negara dan bangsa adalah hal penting untuk menjaga kekayaan dan kedaulatan negara. Seperti bunyi ungkapan latin terkenal di kalangan militer. Yakni, si vis pacem, para bellum, yang artinya kurang lebih: jika ingin perdamaian, bersiaplah untuk perang.

Prabowo mengingatkan, tujuan bernegara seperti dalam pembukaan UUD 1945 yakni melindungi segenap Bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Hal ini berarti fungsi pertama Pemerintah adalah melindungi pertahanan negara.

Olehnya itu, untuk mencapai tujuan tersebut, Prabowo mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

"Putra dan putri Toraja cerdas dan pemberani, saya yakin bisa mewujudkan cita-cita luhur tersebut", tegas Prabowo. 

Dijadwalkan sebelumnya, dalam kunjungan Prabowo di Toraja juga akan menghadiri pelantikan Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), kemudian menghadiri Sidang Sinode Am ke XXV Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja di Kecamatan Sopai, Toraja Utara. (Ben)


Previous Post Next Post