Hadirkan Artis Indonesian Idol, Toraja Carnaval Gandeng Pemda Akan Gelar Event Akbar di Agrowisata Pango-Pango
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TANA TORAJA
– Toraja Carnaval bekerjasama Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, bakal menggelar event akbar pada akhir Desember 2021 mendatang.

Event yang akan menjadi event pertama pasca pandemi Covid-19 dan diprakarsai oleh Anggota DPRD Sulsel Jhon Rende Mangontan (JRM) ini, rencananya diadakan di Agro Wisata Pango-pango, Tana Toraja.

Hal tersebut diungkapkan John Rende Mangontan, saat menggelar rapat perdana pembentukan panitia dan penyusunan konsep kegiatan Toraja Carnaval, yang berlangsung di Pango-pango, pada Minggu (10/10/2021) sore kemarin.

“Event akan dilaksanakan tiga hari, yakni dari 29 sampai 31 Desember sekaligus merayakan malam pergantian tahun,” ujar JRM kepada sejumlah awak media.

Ia mengatakan, Toraja Carnaval nantinya akan diisi dengan sejumlah perlombaan, antara lain Festival Band se-Sulawesi Selatan, Festival Tari Toraja Kontemporer, Lomba Taman Christmas dan ditutup dengan Pesta Kembang Api.

"Selain itu, Toraja Carnaval juga menghadirkan pameran bagi pelaku UMKM serta berbagai hiburan yang akan diisi sejumlah seniman lokal. Dan, yang paling ditunggu-tunggu adalah bintang tamu," ungkap JRM.

Dijelaskan JRM, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, tak terkecuali di Toraja, mengakibatkan Pariwisata di Bumi berjuluk Tondok Lepongan Bulan Tanah Matari’ Allo itu terpuruk.

Kondisi ini, lanjut dia, memberi dampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kian merosot. Selain itu, kreatifitas generasi millenial Toraja juga terkungkung, sebab tak mendapat ruang untuk berekspresi.

“Latar belakang Toraja Carnaval untuk membantu Pemda meningkatkan PAD juga mengembangkan kreatifitas anak muda. Kita memiliki satu keyakinan kegiatan ini akan memberi dampak positif terhadap Pemda,” tutur JRM, yang juga Ketua Bapera Sulsel itu.

Toraja Carnaval melibatkan anak muda Toraja bekerjasama dengan Pemda Tana Toraja, Kader Golkar, Bapera, dan Garda Muda JRM.

Sementara itu, Ketua Panitia Toraja Carnaval Nikodemus Mangera mengatakan, pihaknya akan menyediakan hadiah berupa uang jutaan rupiah bagi pemenang masing-masing lomba. Selain itu, panitia juga menyediakan hadiah uang pembinaan untuk kategori personal.

“Sebagai dukungan terhadap upaya pemerintah menanggulangi Covid-19, baik panitia, peserta juga pengunjung harus sudah divaksin minimal dosis pertama,” ujar Nikodemus, yang juga Anggota DPRD Tana Toraja.

Ia menyebut, Toraja Carnaval akan menghadirkan bintang tamu dua artis Ibukota jebolan Indonesian Idol, yaitu Kamasean Y. Mattew serta Sharon Britney Grafiella Padidi. Kedua Artis tersebut memiliki darah Toraja.

“Jangan ketinggalan, ayo kita berkarnaval di Pango-pango, Toraja,” pungkas Nimar sapaan akrab Nikodemus.

Diketahui, panitia menegaskan semua yang hadir di lokasi kegiatan, baik panitia maupun peserta, harus sudah menerima vaksinasi Covid-19.

Sebagai informasi, bagi yang ingin mengetahui terkait syarat, jadwal pendaftaran dan ketentuan lomba, dapat menghubungi langsung panitia melalui contact person: (085 348 159 228/Gladys) dan 085 346 382 646/Astri). (*)


Previous Post Next Post