50 Lembang Bakal Gelar Pilkalem Serentak Tana Toraja 2021, Hari ini Penetapan Calon dan Penarikan Nomor Urut
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TANA TORAJA
- Pemilihan Kepala Lembang (Pilkalem) Serentak 2021 di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, bakal dilaksanakan pada 1 November mendatang.

Meski sebelumnya, tahapan Pilkalem (Desa) sempat tertunda dua kali dari jadwal yang telah ditentukan, akibat masa pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM level 4 dan 3.

Ditundanya Pilkalem serentak juga karena faktor Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang belum rampung, serta pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat tahap pemilihan masih harus dimatangkan.

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kembali melanjutkan tahapan Pilkalem serentak tersebut berdasarkan surat Pemerintah Kabupaten Tana Toraja tentang Jadwal Lanjutan Tahapan Pemilihan Kepala Lembang Serentak 2021, tertanggal 9 Oktober 2021 lalu, yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Semuel Tande Bura, dan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda/ Ketua Panitia Pilkalem, I. Maraya Allosomba.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Tana Toraja, Simbong Ranteallo mengatakan, jadwal tahapan Pemilihan Kepala Lembang telah ditetapkan. Tahun ini sebanyak 50 Lembang dari 18 Kecamatan yang akan menggelar Pilkalem serentak pada 1 November mendatang.

“Sesuai jadwal tahapan, pemutakhiran data pemilih tambahan pada 11-15 Oktober kemarin telah dilaksanakan. Hari ini dilanjutkan penetapan calon Kepala Lembang dan penarikan nomor urut oleh panitia tingkat lembang,” kata Simbong kepada awak media, Sabtu (16/10/2021).

Dari 50 Lembang yang akan menggelar Pilkalem, diketahui sekitar 30 incumbent yang akan kembali bertarung pada Pilkalem 2021.

Berikut 50 Lembang akan menggelar pemilihan, antara lain, Kecamatan Rantetayo: Lembang Madandan; Kecamatan Mengkendek: Lembang Uluway Barat, Randanan, Buntu Tangti, Simbuang, Pakala, Palipu’, Marinding dan Ke’pe’ Tinoring; Kecamatan Sangalla: Lembang Bulian Massa’bu dan Kaero; Kecamatan Gandangbatu Sillanan: Lembang Gandang Batu, Sillanan dan Buntu Limbong; Kecamatan Rembon: Lembang Banga, Ullin, Batusura’, Bua’ Tarrung dan Limbong.

Kemudian, Kecamatan Saluputti: Lembang Salu Tandung; Kecamatan Bittuang: Lembang Le’tek, Patongloan, Sasak, Sandana, Kandua’, Tiroan dan Rembo’-Rembo’; Kecamatan Bonggakaradeng: Lembang Bau dan Buakayu; Kecamatan Makale: Lembang Lea; Kecamatan Simbuang: Lembang Simbuang, Pongbembe dan Makkodo.

Selanjutnya, Kecamatan Mappak: Lembang Dewata dan Miallo; Kecamatan Makale Selatan: Lembang Randan Batu, Pa’buaran, Patekke dan Bo’ne Buntu Sisong; Kecamatan Masanda: Lembang Ratte, Paliorong, Kadundung dan Belau Utara; Kecamatan Sangalla Selatan: Lembang Batualu; Kecamatan Sangalla Utara: Lembang Leatung Matallo dan Saluallo; Kecamatam Malimbong Balepe: Lembang Balepe dan Kole Barebatu; Kecamatan Rano: Lembang Rano Timur, dan Kecamatan Kurra: Lembang Maroson. (*/Ben)


Previous Post Next Post