Plt Gubernur Sulsel Tinjau Efektivitas Pompanisasi dan Embung di Desa Benteng Alla Enrekang, Masyarakat Sudah Rasakan Manfaatnya

ENREKANG - Masyarakat di Desa Benteng Alla, Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang kini bisa menikmati manfaat dari pompanisasi dan embung yang telah dibangun oleh Pemprov Sulsel sejak tahun 2020 lalu.

Dimana embung ini terdiri dari satu embung utama yang posisinya paling tinggi sedangkan tiga embung kecil berada di bawah embung utama. Dimana pompa memompa air dari sungai naik ke atas embung utama sepanjang ± 4,5 km dengan deviasi 400 meter, dari embung utama air turun secara gravitasi ke 3 embung kecil yang mengairi area perkebunan sayur warga. Selain untuk perkebunan dikarenakan air sungai yang jernih digunakan juga sebagai air baku untuk kebutuhan sehari-hari warga.

Hadirnya pompanisasi dan embung ini menjadi salah satu program kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dibawah kepemimpinan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam menghadirkan sarana infrastruktur pertanian.

Minggu (5/9/2021), Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meninjau langsung efektivitas program pompanisasi dan embung Benteng Alla ini. Dimana masyarakat setempat kini telah menikmati manfaatnya.

Keberadaan program pompanisasi dan embung ini, kata Andi Sudirman, untuk irigasi sawah,perkebunan dan konservasi air yang dapat digunakan sebagai sumber air baku, sumber air bagi ternak terutama pada saat musim kemarau.

"Hadirnya program ini sangat penting bagi masyarakat disini, apalagi disini mata air susah dan medannya diketinggian. Alhamdulillah kita senang mendengar masyarakat telah menikmati manfaat dari program ini," ucap Andi Sudirman.

Sementara itu, Kepala Desa Benteng Alla, Saleh menyampaikan, "terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, bahwa kehadiran irigasi pompanisasi di desa kami sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Apalagi tempat kami ini kekurangan air," ungkapnya.

Bahkan jika musim kemarau, kata dia, warganya biasa membeli air galon Rp 50 ribu per 1.200 liter.

"Jadi Alhamdulillah, karena bantuan ini juga bisa dikonsumsi warga, bermanfaatlah bagi warga kami. Saya juga menyampaikan kepada bapak Plt Gubernur bahwa banyak desa lainnya yang membutuhkan program irigasi seperti ini dan harapannya seperti desa kami," bebernya.

Previous Post Next Post