Wali Kota Palopo dan Rektor IAIN Palopo Tandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama, Ini Harapan Kedua Bela Pihak
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO -- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, menandatangani nota kesepahaman kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo yang ditandatangani Wali Kota Palopo, Drs H. Muh. Judas Amir, bertempat di ruang theater FUAD IAIN Palopo, Senin, (26/7/2021).

Penandatanganan itu dihadiri Wakil Rektor (Warek) II, Dr Ahmad Syarief Iskandar, Warek III, Dr Muhaemin, Para Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Unit dan Kasubag Kerjasama IAIN Palopo serta Forkopinda Kota Palopo, Asisten I, Dr Ishak, Asisten III, Kepala Balibangda, Kabag Humas dan Kasubag Kerjasama Kota Palopo.

Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa gembira atas hadirnya Wali Kota Palopo di Kampus III IAIN Palopo. Melalui itu, Abdul Pirol menyampaikan selayang pandang perkembangan kampus hijau IAIN Palopo, 

“Seiring perkembangannya, saat ini mahasiswa IAIN Palopo sudah mencapai kurang lebih sepuluh ribu orang, dengan tiga lokasi kampus yang masih berdekatan," ucap Abdul Pirol.

Menurut dia, perguruan tinggi memiliki Tridharma, yang meliputi, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan Tridharma ini dapat teriplementasi di Kota Palopo. Karena itu, banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan melihat SDM IAIN Palopo dan para alumni yang cukup memadai untuk berkontribusi pada masyarakat Kota Palopo.

“Kerjasama ini diharapkan memberi kontribusi kedua belah pihak dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Palopo yang telah mendukung IAIN Palopo bertransformasi ke UIN. Itu dapat dilihat dengan penyerahan lokasi SMPN 8 dan penyediaan lokasi kampus di kawasan Peta.” ungkap Abdul Pirol.

Apresiasi disampaikan, Wali Kota Palopo, Drs H Muh. Judas Amir, berharap kerjasama ini segera ditindak lanjuti dalam penelitian.

“Kita tindak lanjuti segera, Balitbangda Kota Palopo dengan IAIN Polopo berkalaborasi melakukan penelitian terkait Covid-19 ini, apakah itu cara pencegahannya atau lainnya.” ujar Judas.

Senada hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, (Warek III) IAIN Palopo, Dr Muhaemin, mengatakan bahwa kerjasama ini adalah payung bagi keduanya. 

“Kerjasama ini bukan hanya antara LP2M IAIN Palopo, Balitbangda Kota Palopo tapi juga pada unit-unit yang lain dari keduanya. Khusus penelitian cukup penting, karena hasil penelitian nantinya dapat menjadi bahan kebijakan di Pemkot dan menjadi bahan acuan penelitian di IAIN Palopo” jelas Muhaemin.

Sekadar diketahui, acara ini berjalan lancar dan singkat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat, seperti menggunakan Masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak (5M). (Arzad)

Previous Post Next Post