SPACE PANJANG

 




PALOPO – Hari raya Idul Adha 1442 Hijriah 2021 Masehi, Presiden RI Joko Widodo  berkurban 1 ekor Sapi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo Muh Ibnu Hasyim mengatakan  Sapi kurban sumbangan Jokowi tersebut bernama Hiro, berumur 42 bulan, memiliki berat 1,041 ton  yang dibeli dari kelompok peternak Rumah Sapi di Kabupaten Gowa, Sulawesi selatan.

“Sapi kurban sumbangan Presiden RI Joko Widodo seharga Rp73 juta tiba dengan selamat untuk disembelih pada hari raya Idul Adha 1442 mendatang, jadi tadi malam diberangkatkan dari Kabupaten Gowa dan tiba pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita,” kata Hasyim, saat dikonfirmasi di lokasi, Sabtu (17/07/2021).

Menurut Hasyim, Sapi jenis Limosin ini saat tiba, langsung dibawa ke rumah potong hewan (RPH) Bukit Lewadang  untuk diberi perawatan hingga hari penyembelihan yang dilaksanakan di Masjid Agung Kota Palopo untuk kemudian dibagikan kepada warga.

“Kondisinya saat ini tiba dalam kondisi sehat dan sementara kita istirahatkan, peneyerahannya akan dilakukan di halaman Masjid Agung sebelum hari raya dan pada saat penyembelihan nanti akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ucap Hasyim.

Lanjut  Hasyim, dimasa pandemi covid-19 ini ketersediaan hewan kurban di Kota Palopo yang telah mendapat pemeriksaan kesehatan khususnya Sapi sebanyak 586 ekor, Kambing hanya 50 ekor.

“Hasil pemeriksaan kondisi hewan kurban saat ini dinyatakan sehat didukung dengan tersedianya pakan hijauan yang segar,” ujar Hasyim.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dispertanakbun Kota Palopo, Burhanuddin mengatakan agar Sapi kurban sumbangan Jokowi terjaga dari serangga seperti Lalat dan Nyamuk pihaknya menyediakan obat anti nyamuk bakar yang dijaga ketat oleh sejumlah petugas.

“Agar tidurnya nyenyak dan terjaga dari serangga seperti nyamuk dan lalat petugas melakukan penjagaan ketat dengan membakar obat anti nyamuk, petugas juga tersedia dari mahasiswa magang, petugas Dispertanakbun kota Palopo, Dinas Peternakan Provinsi Sulsel dan Balai veteriner Maros,” tutur Burhanuddin.

Burhanuddin menambahkan perlakuan Sapi Jokowi ini dalam sehari menghabiskan pakan hingga ratusan kilogram.

“Sehari diberi pakan hijauan sampai 120 kilogram sudah termasuk dedak bercampur air,” tambah Burhanuddin.

    

Previous Post Next Post