SPACE PANJANG

 





TANA TORAJA - Unit Resmob Polres Tana Toraja yang dinamakan Tim Batitong Maro meringkus seorang  warga yang diduga telah melakukan tindak pidana pencurian di Masjid.

Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP  Samsul Rijal, mengatakan pelaku adalah AM (16) warga asal Kota Makassar, ia diamankan dalam kamar kos di Kelurahan  Ariang, Kecamatan Makale bersama sejumlah barang bukti, Senin (21/06/2021) malam.

“Pelaku diamankan bersama barang bukti berupa  1 unit Laptop, 2 unit HP dan 1 pasang anting dan cincin anak yang terbuat dari emas,” kata Samsul, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (22/06/2021) pagi.

Menurut Samsul, pelaku telah menjalankan aksinya di  2 lokasi masjid yang berbeda, lokasi yang pertama di Masjid Raya Makale, dan lokasi yang kedua di Masjid Nurul Hidayah To' Kaluku.

“ Kejadian pertama lokasinya di masjid Raya Makale, terjadi pada hari Minggu ( 13/6/2021) sekitar pukul 14.45 Wita, dan  lokasi kedua di Masjid Nurul Hidayah To'kaluku,  kejadiannya Rabu (16/6/2021) sekitar pukul 18.00 Wita,” ucap Samsul.

Penangkapan pelaku berdasarkan 2 laporan pengaduan warga, yaitu Laporan Polisi Nomor : LPB / 101 / VI / 2021 / SPKT,  tanggal 13 Juni 2021, dan Laporan Polisi Nomor : LPB / 108 / VI / 2021 / SPKT, tanggal 16 Juni 2021.

“Pelaku saat ini sedang diperiksa oleh penyidik pembantu Sat Reskrim,  pelaku terancam pasal 363 KUHP, dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara,” ujar Samsul.

Aksi pencurian di Masjid Raya Makale sempat menghebohkan warga, bahkan ada yang terekam kamera pemantau dengan jelas.

Imam Masjid Raya Makale, Ahmad Gazali mengatakan aksi pencurian  yang terekam dalam kamera pemantau dan mencuri Laptop terjadi pada pada Minggu (13/6/2021) sekira pukul 14.00 Wita.

"Minggu lalu terjadi pencurian Laptop di sekretariat lantai satu masjid, pencurian tersebut terekam kamera pemantau dan sudah dilaporkan ke Kepolisian,” tutur Ahmad.

Lanjut Ahmad, pencurian di Masjid Raya Makale juga terjadi tahun lalu, pelaku menggasak celengan atau kotak amal masjid.

“Tahun lalu juga sama, seorang pria mencuri kotak amal yang berada di teras masjid, pencurinya sudah diamankan polisi,” tambah Ahmad.

Previous Post Next Post