Inspirasi Timur

 



 

LUWU UTARA - Bus perintis DAMRI bantuan Balai Transportasi Darat (BTD) Wilayah XIX Sulselbar resmi beroperasi, Minggu (24/1/2021). Bus ini melayani trayek tetap dan teratur mulai Terminal Masamba – Sabbang – Rongkong, dan juga sebaliknya Rongkong – Sabbang – Terminal Masamba, dengan tarif Rp 30.000 per orang untuk satu kali jalan. Kehadiran bus perintis ini sebagai upaya Pemda Lutra untuk menghadirkan layanan transportasi massal yang layak, nyaman dan terjangkau, sekaligus alternatif moda transportasi di wilayah terpencil.

Sebelum di-launching pengoperasionalannya oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di Desa Limbong Kecamatan Rongkong, bus perintis DAMRI ini diberangkatkan terlebih dahulu dari Kantor Bupati Luwu Utara menuju Rongkong. Menariknya, Wagub Sulsel dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menjadi penumpang pertama, sekaligus menjajal kemampuan bus ini di meda pegunungan nan terjal.

Dengan jarak tempuh 60 km dari Masamba ke Rongkong, bus ini melaju dan membawa kurang lebih 15 penumpang pada pukul 09.10 wita. Dua di antaranya Wagub Sulsel dan Bupati Lutra. Di dalam bus juga ada Ketua DPRD Basir, Kadis Perhubungan Abdul Hakim Bukara, Plh. Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BTD) Hosni Mubarak, serta Kabag Pemerintahan Akram Risa. Sepanjang perjalanan, baik Sudirman, Indah, Basir dan Hakim, serta penumpang lainnya, tak pernah lepas dari canda dan tawa, sesekali juga terlihat tegang.

Cerita-cerita lucu Sudirman yang terus mengalir sepanjang perjalanan dibalas dengan tawa para penumpang, termasuk Indah, yang duduk di kursi paling depan, persis di samping sopir. Sudirman sendiri duduk di barisan kursi kedua, persis di belakang Indah. Di sebelah Sudirman, ada Basir dan Hakim. Cerita-cerita lucu orang nomor dua di Sulsel ini rupanya trik dia untuk menghilangkan ketegangan saat bus melintas di jalur yang ekstrim. “Kita cerita-cerita begini, biar tidak ada yang tegang,” kata Sudirman yang disambut tawa penumpang lainnya.

“Kalau kami sih, medan seperti ini sudah biasa, pak Wagub. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi,” ujar Indah menimpali sambil tertawa. Ketua DPRD Basir tak mau kalah. Dia juga mengeluarkan joke-joke lucu yang membuat penumpang lain tertawa. Suasana kembali berubah tegang, ketika bus melaju pelan dan bergoyang. Sementara di sisi kanan, jurang terlihat menganga, serta di sisi kiri ada bebatuan tebing yang siap mengadang. Lepas dari itu, penumpang kembali tertawa lepas usai menahan napas. Seorang penumpang duduk duduk paling belakang nyeletuk sambil bercanda, “pak sopirnya lagi bercandan nih.” Sontak Wagub, IDP, Basir dan Hakim tertawa mendengar suara celetukan tersebut.

Sudirman tak pernah berhenti tersenyum dan takjub melihat panorama alam Rongkong yang begitu indah dan memesona. Penumpang kali singgah istirahat makan untuk mengganjal perut serta salat dhuhur. Akhirnya, bus tiba di lokasi pada pukul 14.00 wita, untuk kemudian dilakukan acara Launching Operasional Bus Perintis DAMRI. Usai acara, Wagub dan Bupati menyempatkan mengunjungi Galeri Tenun Rongkong di Dusun Salurante dan mengunjungi Kelompok Sadar Wisata Rante Kasimpo. “Belum ke Luwu Utara kalau tidak singgah foto-foto di sini,” ujar dia singkat sambil tersenyum. Rombongan balik pada pukul 15.30 wita. (LH)

Post a Comment

Previous Post Next Post