Inspirasi Timur

 




LUWU - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Luwu,  Sulawesi Selatan,  sejak Jumat (05/06/2020)siang  membuat sungai suli meluap dan merendam ratusan rumah di dua kecamatan, Sabtu (06/06/2020) siang.

Ketinggian banjir diatas satu meter  merendam Kecamatan Suli dan Suli Barat. Di Kecamatan Suli akses jalan trans sulawesi terendam setinggi 50 sentimeter, ratusan kendaraan terjebak macet.

Sejumlah pengendara terpaksa mendorong kendaraannya bahkan sebagian nekat untuk melintas adapula yang berjalan melintasi derasnya arus banjir yang menggenangi ruas jalan.

“Apa boleh buat, saya dan anak saya terpaksa jalan kaki, biar bapak yang dorong motor, soalnya kami harus upayakan sampai di tempat aman dulu dan mencari tempat perlindungan karena hujan masih turun juga,” kata Samsi saat dikonfirmasi di lokasi, sabtu (06/06/2020).
   
Pantauan di lokasi, banjir yang merendam permukiman warga mencapai 120 sentimeter, sejumlah rumah warga terendam termasuk peralatan elektronik dan peralatan dapur serta bahan makanan.

Menurut warga Desa Buntu Kunyi Kecamatan Suli, Iskandar mengatakan banjir saat ini adalah yang terparah dan besar dibanding tahun tahun yang lalu dan daerah ini sudah menjadi langganan banjir setiap tahun.

“Memang hujan terjadi sejak siang kemarin dan sampai sekarang masih terjadi sehingga sungai suli meluap dan diperparah dengan naiknya air pasang laut,” ucap Iskandar.

Menurut Iskandar selain ruas jalan dan permukiman warga banjir juga merendam perkebunan, persawahan dan tambak warga.

“Biasanya kalau banjir seperti ini ikan di tambak warga habis terbawa air termasuk tanaman padi warga,” ujar Iskandar.







Previous Post Next Post