Pemdes Balubu Siap Dukung Pencanangan Gerakan Menanam Sayuran Serentak


LUWU – Kepala desa Balubu Kecamatan Belopa, Ismail bersama ratusan warganya menyatakan siap mendukung program yang akan diluncurkan pemerintah kabupaten Luwu pada tahun 2020, yakni Pencanangan Gerakan Menanam Sayuran dan obat-obatan keluarga. Hal ini diungkapkan Ismail saat menerima kunjungan Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin dan rombongan di Kebun desa Balubu, Selasa (14/1/2020)

Salah satu Bukti nyata dukungan kepala Desa Balubu terhadap pencanangan gerakan menanam sayuran dan obat-obatan keluarga adalah dengan menyediakan lahan seluas 1Ha untuk ditanami sayuran.

“Sekedar kami informasikan kepada ibu Ketua TP-PKK kabupaten Luwu, bahwa di Desa Balubu ini masyarakat memiliki 3 sumber penghasilan, diantaranya adalah dari persawahan, kebun cengkeh dan ternak. Bahkan, jika program gerakan menanam sayuran dan obat-obatan keluarga yang akan diluncurkan pemerintah kabupaten Luwu sinergitas dengan TP-PKK Kabupaten Luwu ini berhasil, maka sumber penghasilan dari masyarakat kami akan bertambah. Oleh karena itu, saya bersama masyarakat desa Balubu siap mendukung program tersebut dan saya telah menyiapkan lahan seluas 1 Hektare untuk dimanfaatkan oleh masyarakat dengan memberdayakan kelompok Wanita Tani dan pemuda kreatif”, jelas Ismail.

Menurut Kades Balubu, diatas lahan 1Ha tersebut akan ditanam 13 macam jenis sayuran, seperti Kacang Tanah, Jagung Pulut, Bawang Merah, Kangkung, Cabe Keriting, Terong Panjang, Terong Bulat, Ubi Kayu, Jagung Manis, Labu Kuning, Cabe Rawit, Pisang Kepo, dan Ubi jalar.

Sementara itu, dalam arahannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu, Hj Hayarna Basmin memberikan penjelasan pentingnya gerakan menanam sayuran dan obat-obatan keluarga.

“Gerakan menanam sayuran secara serentak ini merupakan sinergitas program TP-PKK Kabupaten Luwu dengan pemerintah daerah dengan tujuan utama adalah agar terpenuhinya gizi buat keluarga untuk mencegah timbulnya gizi buruk dan permasalahan stunting. Gerakan menanam sayuran ini dibarengi pula dengan gerakan masyarakat gemar makan ikan”, jelas Hj Hayarna Basmin

Tujuan kedua, gerakan menanam sayuran ini, menurut Ketua TP-PKK Kabupaten Luwu adalah upaya untuk meningkatkan penghasilan tambahan bagi keluarga dan penghematan pengeluaran keluarga dengan memanfaatkan lahan kosong atau dengan memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing untuk menanam sayuran.

Hadir pula dalam kunjungan kali ini, Kepala Dinas Pertanian Kab Luwu, Andi Pangerang, Camat Belopa, H Rahmat Andi Parana, Kades dan Lurah se-Kecamatan Belopa.
Previous Post Next Post