SPACE PANJANG

 








MOROWALI - Kabupaten Morowali merupakan salah satu daerah yang kaya akan destinasi wisata alam. Salah satunya Permandian alam yang terletak di Desa Kolono, Kecamatan  Bungku Timur. 

Wisata alam ini merupakan salah destinasi wisata yang di kelola pemuda melalui Badan  Usaha Milik Desa ( Bumdes).

Ketua Bumdes Kolono, Abdul Galid juga mengatakan bahwa mereka berinisiatif mengelola dana Bumdes dalam bentuk wisata, karena sangat menjanjikan dan bisa menambah PAD Desa nantinya, di sisi lainnya perekonomian masyarakat juga ikut terbantu, dalam sisi ibu - ibu sedang berjualan.

"Harapan kami kepada pemerintah Kabupaten Morowali, untuk mendukung program destinasi wisata ini melalui bantuan sarana dan prasarana, demi kelancaran Program wisata kedepan," katanya.

Sementara sekretaris Bumdes Kolono, Anwar mengatakan bahwa  destinasi ini terwujud atas ide dan gagasan masyarkat setempat untuk melihat potensi yang layak di kembangkan.

"Bermula dari situ kami dari Bumdes akhirnya kami diikutkan Pelatihan wisata di Kabupaten. Berawal dari dana desa yang di sediakan melalui Bumdes sebesar Rp.50.000.000,-  kami membelikan fasilitas berupa kayu dan peralatan lainnya ,akhirnya sungai rawa ini kami sulap menjadi Destinasi yang layak di kunjungi," katanya.

"Sebenarnya di Kolono ini ada sembilan Destinasi yang ada, hanya untuk sementara kami kembangkan Permandian ini dulu, karena ini merupakan pokok destinasi yang ada di Kolono nantinya," ucapnya.

Permanndian ini menyerupai telaga atau rawa yang memiliki kisah sejarah tersendiri bagi kami masyarakat setempat. Untuk masuk di lokasi ini setiap pengunjung  diharuskan mereka membayar Rp 5.000 perorang..

''Alhamdulillah,baru dua bulan pengunjung hingga hari sudah melebihi 1000 pengunjung ,jika diratakan dalam sehari sekitar 300 orang bisa datang,apalagi kalau hari Minggu pengunjung bisa mencapai di angka 500 orang," ucapnya.lulusan teknik Universitas Hasanuddiin ini.


Laporan : Rahman
Previous Post Next Post